Selasa, 03 November 2009

Festival Salju Sapporo (Sapporo Yuki Matsuri)

Festival Salju Sapporo (Sapporo Yuki Matsuri) adalah fesival salju terbesar di Jepang yang dilangsungkan setiap tahun di kota Sapporo,Hokkaido. Festival diadakan di awal bulan Februari,dan sejak tahun 2006 mengambil tempat di tiga lokasi,yaitu Taman Odori,Susukino,dan Taman Sapporo Satoland. Sekitar 2 juta wisatawan datang dari dalam dan luar negeri di Taman Odori yang merupakan lokasi utama dipamerkannya ukiran es (patung es) dan salju berukuran sangat besar. Diantaranya miniatur bangunan terkenal. Di tahun 2007 festival ini berlangsung dari tanggal 2-12 Februari.

Festival salju Sapporo pertama kalidiselenggarakan tahun 1950 oleh dinas pariwisata Sapporo dan pemerintah kota Sapporo dengan sponsor surat kabar lokal Hokkai Times.

Pada festival salju pertama,tinggi patung dibatasi 7 meter. Di festival keempat tahun 1953 batasan tinggi dihapus. Sejak saat itu pemerintah kota Hokkaido selalu meminjamkan alat-alat berat sehingga bisa dibangun ukiran es dan salju berskala besar.

Mulai destival kesepuluh tahun 1959,wisatawan dari luar Hokkaido mulai banyak berdatangan untuk melihat fedtival salju Sapporo,dan di tahun 1972 diadakan bersamaan dengan penyelenggaraan olimpiade musim dingin dan ikut diperkenalkan di luar negeri.

Sejak tahun 1974,festival dimeriahkan dengan lomba internasional seni pahat dan salju yang diikuti seniman pemahat dari berbagai kota besar di dunia.

Lokasi pameran patung di Susukino berasal dari acara lokal yang diadakan pertama kali pada tahun 1981. Dan baru menjadi bagian festival salju Sapporo tahun 1983.

Dari festival ke-41 tahun 1990 hingga festival ke-42 tahun 1992 festival salju Sapporo pernah dilangsungkan di empat lokasi,tapi di lokasi keempat ditutup karena sedikitnya jumlah pengunjung dari ukiran salju yang dipamerkan.

Di bawah ini ada contoh ukiran-ukiran salju yang dipamerkan di Sapporo Yuki Matsuri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar